Selamat Datang di Balai Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Magelang. Seluruh keluarga besar Balai Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Magelang berkomitmen mewujudkan zona integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM). 


Workshop Penulisan Buku Ilmiah Berstandar LIPI

2019-02-16 21:44:34

Workshop Penulisan Buku Ilmiah Berstandar LIPI

Sebagai sebuah lembaga penelitian dan pengembangan, Balai Litbangkes Magelang sadar betul bahwa menghasilkan publikasi dari hasil penelitian adalah sebuah kewajiban. Oleh sebab itu, Balai Litbangkes Magelang berkomitmen menghasilkan buku-buku ilmiah setiap tahunnya. Sudah ada beberapa buku maupun bunga rampai yang diterbitkan oleh penerbit-penerbit yang tergabung dalam IKAPI seperti Penerbit Pustaka Pelajar ataupun Lembaga Penerbit Badan Litbangkes (LPB). Namun, Balai Litbangkes Magelang menyadarai masih ada keterbatasan dan kesulitan dalam proses penulisan setiap buku.

                Berlatar belakang hal tersebut, pada 14-15 Februari 2019, bertempat di Aula, seluruh Peneliti dan Litkayasa Balai Litbangkes Magelang dikumpulkan untuk mengikuti workshop penulisan buku ilmiah berstandar LIPI dengan menghadirkan narasumber Kepala Balai Media dan Reproduksi (LIPI Press), Rahmi Lestari Helmi, S.Si, M.Si. LIPI Press dianggap sebagai sebuah lembaga penerbitan buku ilmiah dengan standar tinggi dengan proses yang cukup panjang demi menerbitkan buku-buku yang berkualitas. Sehingga, acara tersebut, menurut Ibu Kepala Balai Litbangkes Magelang, Dr. dr. Suryati kumorowulan, M.Biotech diselenggarakan dengan tujuan agar kualitas buku yang dihasilkan di lingkungan Balai Litbangkes Magelang lebih baik dan lebih berkualitas kedepannya sekaligus dapat memotivasi litkayasa agar lebih produktif menghasilkan karya publikasi berupa buku.

                “Saya punya harapan besar bahwa suatu hari nanti buku yang dihasilkan oleh Balai Litbangkes Magelang bisa diterbitkan di LIPI Press. Oleh sebab itu, workshop ini bagian dari ikhtiar kami, agar calon penulis yaitu peneliti dan litkayasa termotivasi menulis dengan baik dan benar sesuai standar LIPI Press,” sambut ibu kepala Balai.

                Hal tersebut diapresiasi baik oleh narasumber. Menurutnya, buku-buku yang diterbitkan oleh Balai Litbangkes Magelang sudah sangat baik dan menarik. Yang terpenting, keinginan dan kebiasaan menulis sudah dibangun. Peserta workshop pun merasa antusias. Hal tersebut terlihat dalam proses diskusi yang berlangsung cair dan seru. (HMS-AP)

 

Print Friendly, PDF & Email


Link Terkait