Selamat Datang di Balai Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Magelang. Seluruh keluarga besar Balai Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Magelang berkomitmen mewujudkan zona integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM). 


Studi Banding Tata Kelola Jurnal Redaksi MGMI di GAMA IJB

2019-03-20 21:44:39

Studi Banding Tata Kelola Jurnal Redaksi MGMI di GAMA IJB

  

Yogyakarta - ”Menjadi Jurnal internasional terindeks scopus tidak mudah terutama untuk mendapatkan artikel yang berkualitas, perlu kedisiplinan yang tinggi untuk mengelola jurnal tersebut”, demikian disampaikan oleh salah satu Asosiate Editor in Chief Gadjah Mada Internatioal Journal of Business Dr. Sumiyana, Ak., C.A., M.Si. (19/03/2019) di Meeting Room lt 5, gedung MM, Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada Yogyakarta dalam kegiatan studi banding redaksi Media Gizi Mikro Indonesia (MGMI) di Gadjah Mada International Journal of Business. Didampingi oleh Beberapa Editorial Assistant kunjungan Redaksi MGMI Balai Litbangkes Magelang diterima dengan baik.

Peserta studi banding dari MGMI diantaranya adalah Kepala Balai Litbangkes Magelang Dr. dr. Suryati Kumorowulan M.Biotech, Editor in Chief MGMI, M. Samsudin., SKM.M,Kes, dan 8 redaksi pelaksana lain yang turut hadir bersama rombongan tersebut. Disampaikan oleh M.Samsudin,. SKM.M.Kes bahwa maksud kegiatan kunjungan adalah dalam rangka persiapan re akreditasi jurnal oleh Kemenristek DIKTI serta keinginan untuk mempelajari bagaimana tahapan menjadi jurnal yang bereputasi Internasional.

Dalam lanjutan paparannya, Dr.Sumiyana memperlihatkan beberapa bagian laman jurnal yang dikelolanya serta menyampaikan bahwa GAMA IJB singkatan untuk jurnal tersebut, merupakan salah satu jurnal dengan fokus dan scope ekonomi serta bisnis yang paling bereputasi di Indonesia saat ini. Secara nasional jurnal tersebut masuk di jajaran atas jurnal dengan SINTA 1 dan secara internasional jurnal telah terindeks scopus dengan peringkat Q4. Salah satu kunci sukses pengelolaan jurnal menurut beliau adalah dimulai dengan memanfaatkan jejaring internasional, memastikan kualitas bahasa, meminimalisir plagiarisme, dan konsisten dalam pengelolaanya. Hal ini terbukti dengan GAMA IJB yang berhasil menarik setidaknya 60 artikel internasional per bulan meski dengan sumber daya manusia yang terbatas jumlahnya.

Dengan diselingi candaan ringan oleh Dr.Sumiyana dan tim yang begitu ramah, kegiatan dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab. Pertanyaan yang di lontarkan oleh redaksi MGMI diantaranya mengenai pengelolaan naskah dan proses reviu artikel serta bagaimana langkah-langkah agar jurnal dapat terindeks scopus. Diskusi yang berlangsung menarik dan antusias ditutup sebelum rehat makan siang dan sholat. Tepat pukul 13.00 kegiatan diakhiri dengan pemberian cindera mata oleh masing-masing jurnal yang diwakili oleh Dr. dr Suryati Kumorowulan., M.Biotech dari MGMI dan Dr. Sumiyana, Ak., C.A., M.Si dari GAMA IJB yang dilanjutkan dengan foto bersama. (ANT)

 

Print Friendly, PDF & Email


Link Terkait