Selamat Datang di Balai Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Magelang. Seluruh keluarga besar Balai Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Magelang berkomitmen mewujudkan zona integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM). 


Review PIPK Balai Litbangkes Magelang

2020-01-17 13:37:39

Review PIPK Balai Litbangkes Magelang

Magelang (16/01)- Pembangunan Reformasi Birokrasi pada organisasi pemerintah kian gencar dan nyata. Setiap lembaga pemerintah kini dituntut menyelenggarakan pemerintahan yang melayani, bersih, transparan dan akuntabel. Tak terkecuali Kementerian Kesehatan. Dari waktu ke waktu, Kementerian Kesehatan meIakukan pembenahan disemua lini guna ikut membangun reformasi birokrasi di lembaganya.

Salah satu caranya adalah dengan menerapkan Pengendalian Intern atas Pelaporan Keuangan (PIPK) disetiap satuan kerja di lingkungan Kementerian Kesehatan. Dengan diterapkannya PIPK, diharapkan bahwa pelaporan keuangan yang disusun satuan kerja menjadi lebih meyakinkan, memadai dan sesuai dengan standar akuntansi yang berlaku. Dengan begitu penerapan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani dan Wilayah Bebas dari Korupsi di Lingkungan Kemenkes dapat terwujud.

Agar PIPK berjalan dengan baik, dilakukanlah review PIPK oleh Inspektorat Jenderal Kemenkes di satuan kerja yang sudah menyelesaikan laporan PIPKNya. Salah satu  satker yang direview adalah Balai Litbangkes Magelang. Dalam arahannya ketika melakukan pengawasan review PIPK, Inspektur III, Heri Radison, SKM, MKM, mengapresiasi laporan PIPK Balai Litbangkes Magelang yang sudah selesai.

 

“Karena laporan sudah jadi, makanya kami kesini. Review laporan. Saya apresiasi karena banyak satker yang laporannya belum selesai. Review ini untuk melihat apakah PIPK yang diterapkan berjalan efektif atau tidak. Saya berharap, efektif,” ujarnya tegas.

Kedepannya, ia juga mendorong agar Balai Litbangkes Magelang bisa ikut berpastisipasi memperoleh WBK Nasional yang dinilai oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara. Perolehan  WBK nasional akan menjadi bukti bahwa Reformasi Birokrasi di lingkungan Kementerian Kesehatan berjalan dengan baik dan seperti yang diharapkan.

Kepala Balai Litbangkes Magelang, Dr. dr. Suryati Kumorowulan, M.Biotech menyambut baik review yang dilakukan oleh Itjen. Beliau juga berharap mendapat masukan yang positif yang bisa digunakan untuk perbaikan sistem reformasi birokrasi yang terus dibangun di lingkungan Balai Litbangkes Magelang.

“Kami, seluruh keluarga besar Balai Litbangkes Magelang berkomitmen untuk membangun birokrasi yang bersih dan  melayani serta menyelengarakan fungsi pemerintahan yang transparan dan akuntabel. Oleh sebab kami itu kami perlu diawasi dan diberi masukan agar kedepannya bisa lebih baik lagi,” ungkapnya lugas.

 

 

Review PIPK oleh Itjen Kemenkes di Balai Litbang Kesehatan Magelang dilakukan pada 14-16 Januari 2019 yang dipimpin oleh dr. Doli Wilfried H.S, M.Kes sebagai Pengendali Teknis dan Mohamad Yamin, SE, MM sebagai Ketua Tim. Hasil dari review tersebut didapat simpulan bahwa Pengendalian Intern di Balai Litbangkes Magelang sudah berlangsung Efektif. (AP/HMS)

Print Friendly, PDF & Email


Link Terkait